Pages

Friday, February 08, 2008

Black List BI

Informasi saat ini sangat cepat, borderless lah pokoknya. Hari ini saya nulis, teman saya disebelah bumi bagian sana sudah bisa menerima. Jaman dahulu tidak terbayangkan bahwasanya tulisan bisa terkirim sedemikian cepatnya, hanya bermodalkan keypad hp lalu tekan tombol send dan penerima yang dituju langsung menerima (selama hpnya ga dioffkan atau ga nunggak pembayaran :) ). Tapi saya tidak akan bercerita tentang tehnologi kirim-mengirim, atau prediksi tehnologi informasi kedepan. Saya hanya ingin berbagi pengalaman dan sedikit tahu saya tentang black list dilembaga keuangan. Sesuai pengalaman saya tentunya.
.
Didalam dunia bisnis, wanprestasi sangat sekali diharamkan. Ibaratnya membuat cacat dimuka, yang membuat orang jadi takut untuk menatap kita. Informasi sangat cepat sekali, begitu juga yang terjadi didunia keuangan. Anda macet dilembaga keuangan A, serta merta lembaga keuangan B,C,D dan E serta dll langsung mengetahuinya. Seperti sudah ada kesepakatan yang ada, bahwa sesama lembaga keuangan saling melindungi satu sama lain agar tidak dikadalin oleh sang kadal. Bagaimanapun juga biasanya kadal itu pemain lama, atau memang biasa berlaku seperti itu dan memang sudah karakter. Ini fakta yang saya temui, bahwa penunggak dan pemalak orangnya ya itu-itu saja.
.
Bagaimana record penarik cek kosong ada disetiap bank? Faktanya seperti ini :
.
Untuk transaksi Giro, bilyet giro atau cek kosong, secara berkala Bank Indonesia memberikan data kepada Bank-Bank diwilayahnya untuk merecord data nasabah yang mempunyai konduite black list. Mengapa Bank Indonesia bisa memberikan data Black list nasabah pemegang Giro/Cek? Karena memang mekanisme kliring bank setiap harinya melalui mediasi dikantor Bank Indonesia. Sehingga record penarik cek atau giro kosong selalu ada diBank Indonesia setiap jam 4 sore. Makanya walaupun kita black list dikota A, nama kita tetap dapat ditrace atau dicek dikomputer Bank kota C. Online data sistem Bank yang sangat canggih memungkinkan itu, bahwasanya data kita seperti alamat, tempat tanggal lahir, nomor telpon, NPWP, Nama usaha, Proses Black list, nomor Cek / BG kita yang bermasalah ada semua disana.
.
Lalu untuk kredit bermasalah atau kondisi macet bagaimana? Faktanya seperti ini :
.
Setiap awal bulan petugas administrasi pembiayaan / kredit melakukan rekapitulasi portofolio Bank untuk dilaporkan ke Bank Indonesia (Sistim Informasi Debitur). Hal-hal yang dilaporkan antara lain : Neraca, Laba Rugi, Posisi Simpanan Masyarakat, Posisi Pembiayaan Bank, Record Debitur Baru, Record Status kredit debitur (status lancar, tidak lancar, dalam perhatian khusus, dan macet), Record berapa jumlah saldo terakhir hutang kita saat itu, Record Jaminan bank kita dll yang berhubungan pelayanan bank. Dengan sistim pelaporan tersebut, tidak heran kondisi konduite kita dibank dengan mudah dapat dipantau. Saat ini juga Bank anda mencari nama anda di daftar debitur bank, maka secara online tersambung ke Bank Indonesia dan seketika itu juga data anda dan posisi anda akan bisa diketahui. Canggih kan.
.
Untuk kredit bermasalah di Leasing pun begitu juga. Namun sistemnya saya belum begitu paham bagaimana mereka merecord apakah seperti administrasi bank. Pengalaman saya dahulu bila saya konfirmasi nama calon nasabah pembiayaan/kredt, saya biasanya mengirimkan surat konfirmasi atau datang langsung kekantor leasing tersebut. Dan Alhamdulillah, biasanya kondisi nama nasabah tersebut selalu diberikan. Bila nama nasabah tersebut bermasalah biasanya kami juga diberikan informasi kenapa bermasalah. Jadi memang tidak sulit mencari informasi tentang kondisi nasabah.
.
Banyak informasi yang bisa dengan mudah bank dapatkan selain dari cara diatas, dari suplier, dari pemberi kerja, dari asosiasi pengusaha, dari nasabah kita sendiri juga bisa. Setidaknya tidak ada lobang untuk tempat bersembunyi bagi penunggak kredit.
.
Jujur dan terus terang adalah kunci untuk keberhasilan bisnis kita, walau bagaimanapun Bank selalu dapat mentolerir bila kita mau terbuka ketika masalah akan datang. Biasa saja kredit macet itu, yang tidak biasa adalah sengaja macet.
.
Salam hangat, badan dingin... :)

57 comments:

Lukman Thamrin said...

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Pak Yusuf, Kakak saya ingin mengajukan kredit KUR di BRI saat ini, namun dipersulit karena
dulu pernah meminjam tapi bermasalah tapi pinjaman lalu itu sudah lama dilunasi, sekitar tahun 2007.

Tapi koq, masih dibawa2 sih, padahal kaka saya usahanya sekarang sudah lumayan baik lah cash flownya walaupun hanya usaha jual beli hasil bumi kecil-kecilan.

Katanya pegawai banknya bilang sudah masuk kategori 5 (gak tau apa maksudnya).

Pertanyaan saya bagaimana sih cara menghapus history "bermasalah" kakak saya tersebut? apakah kakak sy tersebut sudah masuk black list? Mengapa masih terus-terusan dianggap bermasalah, padahal pinjamannya di bawah 20 juta dan sudah lama lunas.

Mohon tanggapannya. Terima kasih

YUSUF ARIF SETIAWAN said...

Harusnya kalau sudah dilunasi, paling tidak rentang empat bulan kolektibilitas kakak anda sudah masuk kategori lancar kembali.
Makanya ya agak aneh kalo dibilang macet saat ini (kol.5), soalnya udah setahun lebih ya.
Saran saya, kakak anda ganti bank saja deh. Pakai Bank Mandiri atau Bukopin sepertinya cukup ramah dengan UKM.
Biasanya kalau seorang petugas kredit menolak pake acara alasan yang ga masuk akal tu ya biasanya memang sudah nggak berminat dengan kita. Itu juga hak dia, sebagai seorang banker yang ingin bisnisnya aman dan lancar, tanpa diwas-was oleh pengalaman masa lalu kakak anda.
Saran saya, ajukan KUR ke Bank lain dan coba bina hubungan baik seperti tips saya diblog ini.

cakep said...

selamat sore pak .
saya mau tanya. saya mau ambil KPR rencananya . Apakah saya msh masuk daftar blacklist , krn bbrp thn yg lalu saya bermasalah dengan kartu kredit?
apakah KPR saya nantinya akan ditolak?
kartu kredit tersebut keluar tahun 2005, saya kadang byr kadang tidak . Terus saya diksh kebijaksanaan, jd ada yg sudah saya urus & belum . kebetulan saya punya 4kartu kredit. kalau tidak salah 2 lagi yg msh bermasalah. setelah itu saya tidak pernah punya urusan ke bank lg. bahkan sampai sekarang pun saya sdh tidak punya rekening di bank. saya selalu menggunakan rekening suami saya. karena kebetulan saya juga berada di luar kota. jadi tidak memungkinkan untuk membuat rekening baru disini. terima kasih.

dwihadi said...

Assalamu'alaikum. Wr.Wb.
Pak Yusuf, saya pernah menjual rumah KPR BTN yg belem lunas di Sidoarjo sekitar tahun 1999 tanpa mengetahui BTN tetapi langsung pakai notaris dan semua berkas sudah sy berikan kpd pembelinya. Pada tahun 2006 sy dihubungi oleh BTN untuk menyelesaikan angsuran rumah tsb, tetapi saya tdk mau karena merasa sudah menjual rumah tsb. Tahun 2008 sy coba mengajukan kredit di bank lain tetapi ditolak dengan alasan sy sdh di balcklist BI. Mohon pencerahannya Pak, apa yg harus saya lakukan karena sy tidak ada niat jelek pd saat menjual rumah tsb. Saat ini saya masih punya tanggungan angsuran mobil 5 bulan dari 2 tahun angsuran (september '11 nanti Insya Allah akan lunas). Semoga berkah kebaikan selalu tercurakan untuk Bapak..

YUSUF ARIF SETIAWAN said...

Yth. Pak Dwi Hadi,
Bener anda dipastikan telah diblack list oleh Perbankan, karena perjanjian kredit anda dengan BTN blum diselesaikan secara formal dahulunya ketika anda menjual rumah. Untuk memebersihkan nama anda, tidak ada jalan lain kecuali menyelesaikan tunggakan anda. Bila berkeberatan dengan bunga-berbunganya, buatlah surat permohonan untuk melunasi sekaligus tanpa harus membayar bunga tertunggak.

nicky said...

bapak..kalo berhenti kredit elektronik dari perusahan leasing , apa akan dblack list oleh Bi suatu saat nanti?makasi pak

dwihadi said...

Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
Pak Yusuf, terima kasih atas solusi yang diberikan. Tapi sy masih bingung seandainya utang itu sy lunasi, bagaimana dgn kepemilikan rumah tsb? apakah milik sy, tetap milik pembeli atau milik bank sehingga sy harus membeli lg dgn harga baru (bila sdh disita)

dwihadi said...

Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
Pak Yusuf, terima kasih atas solusi yang diberikan. Tapi sy masih bingung seandainya utang itu sy lunasi, bagaimana dgn kepemilikan rumah tsb? apakah milik sy, tetap milik pembeli atau milik bank sehingga sy harus membeli lg dgn harga baru (bila sdh disita)

dwihadi said...

Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
Pak Yusuf, terima kasih atas solusi yang diberikan. Tapi sy masih bingung seandainya utang itu sy lunasi, bagaimana dgn kepemilikan rumah tsb? apakah milik sy, tetap milik pembeli atau milik bank sehingga sy harus membeli lg dgn harga baru (bila sdh disita)

dwihadi said...

Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
Pak Yusuf, terima kasih atas solusi yang diberikan. Tapi sy masih bingung seandainya utang itu sy lunasi, bagaimana dgn kepemilikan rumah tsb? apakah milik sy, tetap milik pembeli atau milik bank sehingga sy harus membeli lg dgn harga baru (bila sdh disita). terima kasih Pak, atas jawabannya..

YUSUF ARIF SETIAWAN said...

@ Nicky, yang diblack list BI tentunya yang berhubungan dengan perbankan saja. Kalau Leasing kan lembaga keuangan bukan bank. tentunya nama anda akan tidak baik setidaknya dileasing tersebut. tapi memungkinkan juga bila seandainya leasing mempunyai asosiasi bisa jadi nama anda menjadi black list dikalangan leasing.
@ Bapak Dwi Hadi,
Secara legal, rumah tersebut masih milik BTN cq. Pak Dwi Hadi. Bila sudah lunas, kemungkinan secara legal jadi milik Bapak. Hanya saja kemungkinan anda harus bersiap menerima kemungkinan digugat oleh pembeli atas transaksi yang belum sempurna sebelumnya.

Anonymous said...

Hi there, I enjoy reading through your article post. I
like to write a little comment to support you.
Also visit my blog : online money making

Anonymous said...

I think the admin of this web site is truly working hard in support
of his website, because here every information is quality based stuff.
Feel free to visit my web-site - gesetzliche krankenversicherungen im vergleich

Anonymous said...

Excellent site. A lot of useful information here.

I am sending it to a few pals ans additionally sharing in delicious.
And of course, thank you on your sweat!
My web blog private krankenversicherung online rechner

Anonymous said...

I for all time emailed this weblog post page to all my friends, for the
reason that if like to read it then my links will too.
Also visit my web page ; Clickbank product

Anonymous said...

It's the best time to make some plans for the future and it's
time to be happy. I have read this post and if I could I
wish to suggest you few interesting things or suggestions.
Maybe you could write next articles referring to this article.
I desire to read more things about it!

My blog post :: private zusatzkrankenversicherung
Look into my web page ;

Anonymous said...


Greetings! Very helpful advice within this post! It is the little changes that make the largest changes. Many thanks for sharing!

Anonymous said...

You can certainly see your skills within the article you write.
The sector hopes for even more passionate writers like you who are not afraid to mention how they believe.
All the time follow your heart.

My web blog ... at home computer jobs

Anonymous said...

Hello to all, how is all, I think every one is
getting more from this site, and your views are pleasant designed
for new visitors.

Also visit my blog; cost Of Opening a business

Anonymous said...

I've been exploring for a little for any high-quality articles or weblog posts in this sort of house . Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this website. Studying this information So i'm glad to exhibit that I
have an incredibly good uncanny feeling I discovered
just what I needed. I such a lot unquestionably will make sure to do not
overlook this site and provides it a look on a relentless basis.



my web site; loans

Anonymous said...

Hi, i think that i saw you visited my website so i came to “return the favor”.
I'm attempting to find things to improve my site!I suppose its ok to use a few of your ideas!!

My homepage - krankenversicherung preisvergleich

Anonymous said...

I'm really impressed with your writing abilities as neatly as with the format in your blog. Is that this a paid subject or did you modify it yourself? Anyway keep up the excellent high quality writing, it's
rare to peer a great weblog like this one nowadays.

.

Here is my web blog ... Search Engine optimization

Anonymous said...

whoah this blog is fantastic i like studying your articles.
Stay up the good work! You already know, a lot of people
are hunting round for this info, you could help them greatly.


My homepage: gesetzliche Krankenkasse kosten
My website: pkv

Anonymous said...

Howdy! I know this is kinda off topic but I was wondering which blog platform are you using for this site?

I'm getting tired of Wordpress because I've had issues with
hackers and I'm looking at options for another platform. I would be fantastic if you could point me in the direction of a good platform.

Review my blog post ... private krankenversicherung aktuell
Also see my web page - basisversicherung pkv

Anonymous said...

Hello very cool web site!! Man .. Excellent .. Amazing .
. I will bookmark your website and take the feeds also?
I am happy to search out a lot of useful information here in the submit, we'd like work out extra techniques on this regard, thanks for sharing. . . . . .

Visit my blog post: work from home ideas

Anonymous said...

It's remarkable for me to have a site, which is beneficial in support of my know-how. thanks admin

my homepage - caribbean resorts all inclusive

Arkana Irawan said...

Assalamu'alaikum wr. wb
Pak Yusuf, saya rencana nya mau KPR rumah tp saya bermasalah dengan nama saya yg masuk Blacklist karena tahun lalu sepupu saya menjaminkan BPKB kendaraan nya di sebuah leasing dengan memakai nama saya. pada proses pembayaran angsuran pinjaman nya, sepupu saya tersebut sering kali terlambat atau lewat dari tgl jatuh tempo bahkan pernah sampai menunggak sehingga nama saya masuk dlm daftar hitam. sampai sekarang sisa angsuran tersebut msh terus berjalan smpai beberapa bulan lg. kira2 gimana yah pak solusi nya untuk membuat nama saya tersebut bersih kembali dan terhapus dari daftar blacklist karena saya mau mengajukan KPR rumah. mohon bantuannya.
Terima kasih.

Wassalam

Yusuf Arif Setiawan said...

Yth. pak Arkana,
Saat ini memang tidak memungkinkan lagi bila nama kita digunakn pihak ketiga. Bagaimanapun bisnis dilandasi kepercayaan dankepastian. Jadi bila tidak yakin jangan sampai lg meminjamkan nama. Soalnya alasan bisa diciptakan.
Saran saya untuk memperbaiki nama bapak, hutang itu harus dilunasi
Atau kalau tidak kualitas kredit saudara anda dibuat lancar (jgn menunggak), dan untuk membuat status lancar /clear / kol 2 kurang lebih 2 bulan setelah pembayaran atau pelunasan.

zaenal arieff said...

Assalamu alaikum Pak Yusuf.

saya sedang mengajukan take over disebuah bank koll saya kategori lancar dan transaksi saya di bank tersebut dan sedang menunngu transferan dari pembayaran pengadaan barang di sebuah BUMN ,tapi pinjaman a/n istri masuk kategori kol 2,adakah kemungkinan kredit saya bisa di setujui?

MOHON PENCERAHANNYA.

Wassalam Zaenal

Luciana Witz said...

Moshi Moshi!
Kami adalah perusahaan pinjaman yang memberikan pinjaman cepat ke bisnis pria dan wanita, kami juga berikan kepada siswa yang membutuhkan bantuan finaicial. Kami memberikan pinjaman kami keluar sebesar 2% minat. Anda dapat menghubungi kami di
Email: lucianaloancompany@gmail.com

Luciana Witz said...

Moshi Moshi!
Kami adalah perusahaan pinjaman yang memberikan pinjaman cepat ke bisnis pria dan wanita, kami juga berikan kepada siswa yang membutuhkan bantuan finaicial. Kami memberikan pinjaman kami keluar sebesar 2% minat. Anda dapat menghubungi kami di
Email: lucianaloancompany@gmail.com

Nur Mala said...

Saya hanya penerima manfaat dari Rebecca Williams Badan Kredit. Saya menghubungi Mrs Rebecca ketika saya membutuhkan pinjaman mendesak untuk operasi anak saya dan dia membantu saya tanpa mengeluh. Saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 10 jam.
Seseorang diperkenalkan Mrs Rebecca dengan saya dan mengirim saya email nya, saya menghubungi dia dan dia juga meminta saya untuk membayar biaya pendaftaran yang saya menolak untuk membayar tetapi saya kemudian yakin dengan orang yang memberi saya email nya. Jadi aku membayar biaya pendaftaran. Itu satu-satunya harapan terakhir saya tapi saya tidak punya pilihan selain untuk membayar uang setelah saya yakin bahwa saya akan mendapatkan pinjaman saya beberapa jam kemudian.
Hormat kami berbicara, aku takut tapi aku kemudian mendapat dana pinjaman saya dikirim kepada saya setelah semua stres.
Aku tidak percaya mata saya ketika saya melihat uang di rekening bank saya.
Jadi hanya meneleponnya, percaya padanya dan melakukan apa yang ibu yang baik Rebecca memberitahu Anda dan Anda akan memiliki senyum di wajah Anda sekali lagi. Buktikan padanya bahwa Anda dapat dipercaya dan diandalkan orang, maka dia akan menyetujui pinjaman Anda dalam waktu singkat dan mengirimkan pinjaman langsung ke rekening Anda.
Menghubunginya melalui email ini: rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

Ini juga email saya jika ada cara saya dapat membantu. nurmalaah@gmail.com
Terima kasih

Peterson Cully said...

Halo,
Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda?
anda telah ditolak oleh
bank dan lembaga keuangan lainnya?
Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan bahwa kami membuat handal dan penerima bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email: kreditsolutionhome@outlook.com

Glory Chilly said...

Halo,
Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka tahun baru ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________

silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

Yoyok Subandriyo said...
This comment has been removed by the author.
Indriaty Manirjo said...

Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Widya Okta said...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

yusi retnowati said...

Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang disini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditur pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 kreditur pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena berhutang.

Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) Kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Karen Mark

Saya ingin Anda mempercayai Ibu Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa kesulitan untuk mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan hati-hati

Susan Famish said...

Halo semua,

Saya adalah Nyonya Susan Famish, saya menulis surat kesaksian ini karena saya sangat berterima kasih atas apa yang Nyonya Clara Morgan lakukan untuk saya dan keluarga saya, ketika saya pikir tidak ada harapan lagi dia datang dan membuat keluarga saya merasa hidup kembali dengan membawa kami ke sebuah Pinjaman dengan suku bunga rendah 2% Saya tidak pernah berpikir bahwa masih ada kreditur pinjaman asli di Internet tapi jika saya terkejut, saya mendapat pinjaman saya tanpa membuang banyak waktu, jadi jika Anda berada di luar sana mencari pinjaman karena alasan keuangan di Semua maka saya akan saran Anda untuk email Mrs Clara Morgan di VIA: {clara_morgan@outlook.com} untuk Info lebih lanjut TENTANG TRANSAKSI

SAYA BERHARAP YANG TERBAIK UNTUKMU

Salam Hormat
Nyonya Susan Famish

HARTFORD FINANCIAL SERVICE said...

Halo, kami adalah HARTFORD FINANCIAL SERVICE, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 1,5%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami dapat diandalkan dan memberikan penerima bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (hartfordfinancialservice@gmail.com)

Sulis Susanti said...

Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

Bishop Elijah said...

Selamat siang

Saya datang dengan sangat hormat kepada Anda, untuk menawarkan layanan saya kepada Anda dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%. Akibatnya saya adalah Elia. Direktur pinjaman dari perusahaan pemodal bersih saya yang mengkhususkan diri dalam memberikan pinjaman kepada orang serius yang ingin mendapatkan pinjaman pribadi untuk bisnis atau untuk mewujudkan mimpinya. Mau yang sebenarnya, mau konkret, entah kualitasnya, dengan perusahaan kita anda akan puas. Kami membuat impian Anda proyek kami.

SILAHKAN KONTAK LANGSUNG KEPADA DIREKTUR KAMI:

Email kami di: bishopelijahloanfirm002@hotmail.com
Nomor whatsapp: +2349035555247

Jangan ragu dengan menghubungi kami sekarang juga.

Global Fund Foundation said...

Selamat siang

ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah Jika Anda sedang melihat bagaimana mendapatkan pinjaman hubungi kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL: globalfundfoundation9@gmail.com
BBM: D8633B93

merit hope said...

Halo Nyonya, christabel walter, pemberi pinjaman yang sah dan dapat diandalkan untuk pinjaman
dalam syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dimengerti dengan suku bunga 2%.
kami memberikan pinjaman usaha,
Pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, pinjaman mobil, pinjaman usaha, pinjaman rumah sakit dan pinjaman untuk membayar tagihan. jika kamu
butuh pinjaman
Yang harus Anda lakukan adalah menghubungi Anda langsung melalui email: (evelynaustinloanfirm@gmail.com)
Tuhan memberkati Anda.
Hormat kami,
Nyonya: christabel walter
Email: (evelynaustinloanfirm@gmail.com)

Catatan: Semua tanggapan harus dikirim ke: (evelynaustinloanfirm@gmail.com)

Sufridha said...

Baik Kabar
Nama saya SUFRIDHA TRISUCI, warga Indonesia, dari Medan kota. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan crutial disarankan untuk semua warga negara indonesia yang mana untuk mencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, Beberapa kreditur ada disini untuk menipu orang dan merobek uang hasil jerih payah mereka tapi Ibu Glory perusahaan berbeda
Beberapa bulan yang lalu, saya sangat membutuhkan pinjaman tapi bank tidak dapat menawarkan saya, karena mereka memerlukan agunan yang nyata, yang tidak dapat saya menyediakan. Saya memutuskan untuk mengajukan online pinjaman dan Saya ditipu sekitar 200 juta, mencoba untuk membayar biaya tak berujung mereka yang saya tidak pernah tahu itu semua bohong dan cara mereka menipu orang-orang yang tidak bersalah yang membutuhkan pertolongan. Aku hampir mati, sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Glory, pemilik sebuah GLORY PINJAMAN PERUSAHAAN, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya menghubungi dan dia meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp950,000,000 dalam waktu kurang dari 6 jam dari pengolahan dengan tingkat bunga 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu Glory mentransfer kredit saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya

Saya memutuskan untuk mengingatkan dan berbagi kesaksian saya tentang Ibu Glory, sehingga orang-orang dari Medan dan Indonesia bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: sufridhatrisuci12@gmail.com dan Bu dewi Rumapea yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga menerima pinjaman dia dari Ibu Glory. Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: dewiputeri9@gmail.com Sekarang, saya seorang pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Allah SWT terus memberkati Ibu Glory untuk pekerjaan yang baik dalam hidup saya dan bahwa keluarga saya.

Eva Ruiperez said...

Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan pinjaman? Apakah Anda benar-benar membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah kamu berhutang Inilah kesempatan anda untuk mencapai keinginan anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha dan segala jenis pinjaman dengan 2% bunga untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami via e-mail (evaruiperezfinance@gmail.com)

Iskandar Lestari said...

Assalamu'alikum Warahmatullahi Wabarakatuh

InshyaAllah, Kantor Pinjaman Iskandar Lestari memberikan semua yang telah kehilangan harapan finansial untuk mendapatkan kembali status keuangan mereka melalui pinjaman segala jenis. Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email kami: ((iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)) karena Anda akan menikmati Persentase Bunga Persentase Tahunan terendah, di bawah bimbingan tim staf yang ramah siapa yang peduli dengan Anda dan keluarga Anda, karena Anda pasti mendapatkan pinjaman yang nyata dan asli dalam waktu kurang dari 73 jam berapa anda membutuhkan dana untuk proyek anda? bisnis expasion pembayaran hutang? Tambahan modal untuk hal-hal yang tidak disebutkan di sini dengan ISKANDAR LOAN FIRM Anda bisa mengatakan Alhamdulillah(الحمد لله), karena kami adil, jujur, dapat dipercaya, sopan, dan tentu saja murah hati dalam pelayanan kami jika Anda ingin menghubungi ibu secara langsung, Anda dapat melakukannya melalui BBM INVITE: {D8980E0B} Assalamu'alaikum wr wb, Allahu Akbar ....... Allahu Akbar ........ Allahu Akbar

Jessica Rojas said...

Halo, saya adalah Ibu Jessica Rojas, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda berhutang? Anda butuh dorongan finansial? Pinjaman untuk mendirikan bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, menumbuhkan bisnis Anda tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. kami memberikan pinjaman kepada lokal, internasional dan juga perusahaan dengan tingkat bunga sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (Jessicarojasloanfirm1998@hotmail.com)

Anda dipersilahkan untuk perusahaan pemberi pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

Salam

Nyonya Jessica Rojas

Jessica Rojas said...

Mencari pinjaman usaha, pinjaman pribadi, perumahan, pinjaman mahasiswa pinjaman mobil, pinjaman konsolidasi, pinjaman tanpa jaminan modal ventura; Dll Atau menolak pinjaman dari bank atau menangani satu atau lebih alasan keuangan. Hal ini lebih mungkin Anda mempercayai Solusi ini! Dan pemberi pinjaman gembala swasta meminjamkan perusahaan dan individu pada tingkat rendah dan terjangkau sebesar 2%. Apakah kamu tertarik? Kontak setelah mengkonversi pinjaman dalam waktu 48 jam. HUBUNGI KAMI (Jessicarojasloanfirm1998@hotmail.com)

Nyonya Jessica Rojas

Global Fund Foundation said...

Selamat siang

ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah Jika Anda sedang melihat bagaimana mendapatkan pinjaman hubungi kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL:globalfundfoundation9@gmail.com
BBM: D8633B93

Sandra ovia said...

AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

Eva Molska said...

Halo,
Apakah Anda mencari pinjaman? Anda memerlukan Pinjaman Usaha, Pinjaman Pribadi, Pinjaman Perumahan, Atau apakah Anda menolak pinjaman bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Perusahaan pinjaman Eva Molska kami terbatas dalam memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini via evamolska12@gmail.com

Aditya Aulia said...

Assalamualaikum
Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu Iskandar pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM via: {mail: iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

Sulis Susanti said...

Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

Herman Kamil said...

Assalamu'alaikum wr wb,

Jika bank anda mengatakan tidak untuk anda untuk pinjaman, di sana adalah tempat asli di mana anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islam saya menemukan online untuk semua saudara-saudara muslim dan saudari yang sedang mencari pinjaman cepat untuk cepat menyelesaikan masalah yang mendesak. Saya mendapat pinjaman sebesar Rp800.000.000.00 aku digunakan untuk merenovasi sekolah saya dan yang lainnya onece aku digunakan untuk memperluas pabrik pengolahan makanan. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya merekomendasikan mereka karena ada begitu banyak palsu pinjaman perusahaan online. Saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga mendapat pinjaman sebesar Rp500.000.000 dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti kebanyakan western pinjaman perusahaan itu adalah palsu. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan agunan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam dan peraturan yang berlaku. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka pinjaman proses cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa anda akan membayar kembali pinjaman. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati ke kontak Email mereka: (islamicloanempowerment@gmail.com)

Wassalamu alaikum wr wb.

Annisa Ahmad said...

Halo

Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda membutuhkan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} adalah Disini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi di properti, proyek / bisnis dan juga memberikan 100% penawaran untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, kepada orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, pengangkut, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi atas apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga bisa menghubungi kami dengan cara BBM pin (DB5121C1) kejujuran kepercayaan dalam pelayanan kami
Assalamu`alaikum wr wb,

Shalom knight said...

Halo, saya Shalom Knight, pemberi pinjaman pribadi, apakah Anda berhutang? Anda butuh dorongan finansial? Saya terdaftar

dan disetujui di seluruh dunia untuk mengendalikan lembaga keuangan. Saya memberikan pinjaman kepada lokal dan

internasional untuk semua pihak yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman tersebut, dengan tarif 2%.

Saya memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga support. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda

ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami dan juga ada bonus Akhir Tahun untuk pelanggan kami.
Anda bisa menghubungi kami via Email: shalomloancompany@gmail.com
Terima kasih
Shalom Loan Company Inc.
Nyonya Shalom Knight.