Pages

Tuesday, March 04, 2008

Pelunasan dipercepat

Dikalangan kita kebanyakan tidak mempunyai hutang, terutama dibank. Pusing katanya mikirin hutang, malas katanya dikejar perasaan harus membayar. Kalangan yang mempunyai paham ini biasanya adalah kalangan biasa atau kalangan pegawai utamanya. Untuk pengusaha jarang rasanya suka mempercepat melunasi hutangnya, mereka bila mempunyai dana lebih biasanya lebih suka menginvestasikan ke usaha lain. Pengusaha gitu looh.... pikir mereka biarkan uang bekerja untuk uang itu sendiri.
.
Bagi yang mempunyai paham tidak mau mempunyai hutang ada beberapa hal yang perlu dilakukan bila ingin melakukan pelunasan hutangnya sebelum jatuh tempo (pelunasan dipercepat). Hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Mintalah print out kepada petugas bank untuk mengetahui outstanding kewajiban kita dibank masih ada berapa. Cermati, jumlah pokok yang perlu dilunasi masih ada berapa dan berapa rupiah bunga terakhir yang kudu dibayar pada bulan tersebut. Sebesar itulah yang harus anda lunasi. Bunga sisanya tidak perlu anda lunasi karena anda tidak menggunakan dana bank lagi setelahnya. Biasanya beberapa bank ada yang menerapkan penalti atas pelunasan dipercepat, nego sajalah (sampaikan saja, kalau macet kan bank malah pusing).
  2. Buatlah surat pemberitahuan kepada Kepala Cabang Bank tersebut, bahwasanya kredit anda akan anda selesaikan atau istilahnya pelunasan dipercepat. Sampaikan saja bahwa sesuai dengan print out bank, anda akan membayar total pokok bank Rp. sekian (yang belum terbayar) dan bunga pada bulan tersebut sekian untuk melunasi kewajiban anda.
  3. Dalam surat pemberitahuan pelunasan dipercepat, sampaikan juga bahwasanya Surat jaminan yang ada dibank akan anda ambil pada hari tersebut. Bila surat tanah yang anda jaminkan, jangan lupa mohon dibuatkan surat Roya Bank untuk mengurus diKantor BPN bahwa tanah anda tidak sedang dijaminkan Bank.
  4. Saat pelunasan sudah anda lakukan, jangan lupa mintalah surat keterangan lunas dari Bank. Surat ini merupakan ijazah bagi anda, yang dapat anda gunakan sebagai lampiran bila anda ingin berhubungan dengan Bank lagi. Setidaknya record dapat dipercaya dan record amanah dapat anda ditunjukkan sebagai pertimbangan bank nantinya.

Ok. Salam hangat selalu.

Point : Pelunasan dipercepat, Baki debet / outstanding kredit, BPN, Surat Roya.

11 comments:

Muhammad Rizki said...

Halo Pak Yusuf

Saya rizki. Pertama2 mau ucapkan terima kasih atas tipsnya.

Kemudian saya ada pertanyaan, utk pelunasan dipercepat, apakah pihak Bank memiliki hak untuk menolak ? Karena saya mengambil KPR Mandiri, dan biasanya bank ini banyak sekali birokrasinya

regards

rizki

YUSUF ARIF SETIAWAN said...

Halo Pak Rizki,

Sebelumnya terima kasih atas kunjungannya. Sesungguhnya, tidak ada hak bagi pihak bank untuk menolak, walaupun ketika dalam akad kredit mencantumkan jangka waktu tertentu jatuh tempo. Memang normalnya bank ingin kreditnya selesai tepat ketika jatuh tempo, potensi pendapatan bank sesuai dengan ekspektasinya. Bila nasabah mempercepat pelunasan, akibatnya potensi pendapatan bank yang diharapkan juga bakal hilang mungkin itulah salah satu alasan bank ogah-ogahan bila nasabahnya yang terbilang lancar ingin melunasi hutangnya. Tapi lucunya, bila kita telat saja membayar sekali saja, bank bisa pusing tujuh keliling. Mengapa? AO Bank tersebut menjadi buruk conduitenya, cabang bank tersebut menjadi jelek nilainya dimata kantor pusat, dan akibat telat bayar membuat bank wajib membiayakan pencadangan kredit macet akibatnya laba bank menjadi berkurang, belum lagi kolektibilitas bank nilainya bisa menjadi turun di mata Bank Indonesia.
Saran saya bila Pak Rizki ingin segera melunasi hutangnya tetap saja lakukan langkah-langkah seperti yang saya tuliskan diatas. Tidak usah kuatir dengan birokrasi sebuah bank, mengapa? Bank sudah mempunyai standar untuk pelayanan berapa lama harus selesai. Biar mudah mengcontrolnya, ketika menyerahkan surat permohonan, mintalah tanda terima dan keterangan kapan bisa diselesaikan. Surat itu bisa kita jadikan untuk menfaith accomply petugas tersebut kepada atasannya.

Salam hangat,

yas

Anonymous said...

Hallo Pak Yusuf,

Saat ini saya tinggal di daerah Bekasi, rumah yang kami tinggali adalah KPR dari Bank dengan jumlah pinjaman Rp 156,8 jt untuk jangka waktu 15 tahun. Cicilan tahun pertama (2,1 jt/bln, tahun ini cicilan sekitar 1,8 jt/bln.
sekaran ini Saya memiliki tabungan 50jt dibank, yang ingin saya tanyakan apakah menguntungkan bila uang 50 jt tersebut saya bayarkan untuk mengurangi utang KPR saya? Menurut suami saya, bila uang tsb dibayarkan, ada 2 opsi :
1. cicilan tetap (1,8jt) jangka waktu utang hanya 6th 2bln
2. jangka waktu tetap, tapi cicilan menjadi 1.2jt.
Saya agak ragu dengan perhitungan tsb, mohon pencerahannya.
Terimakasih

Santi

Anonymous said...

Halo Pak Yusuf

Saya RICARDO. Pertama2 mau ucapkan terima kasih atas tipsnya (walaupun saya terlambat membacanya)

Saya ada pertanyaan, utk pelunasan dipercepat.Kemarin saya sudah melakukan pelunasan kredit BRI saya sebanyak 20 juta untuk 60 bulan.
Waktu itu saya sudah membayar angsuran selama 24 bulan (tiap bulan saya membayar Rp.593400) saat pelunasan saya diminta membayar 14 jt-an.
Jadi total yg saya bayar sekitar 28jt-an
Pertanyaan saya, apakah memang sebesar itu yg harus saya bayarkan? Berapa besarkah penaltinya?

Mohon penjelasannya! Terima kasih

Salam

Ricardo

Anonymous said...

salam kenal pak,
saya togar ingin bertanya ttg pelunasan yg dipercepat. kemarin saya ingin melakukan pelunasan pinjaman pd bank sumselbabel .... ketika bertemu pada bagian kreditnya betapa kaget saya ternyata saya harus melunasi semua pokok beserta bunganya tanpa ada pengurangan apapun padahal teman saya satu kantor yg melakukan pelunasan kira2 3 bulan sebelumnya mendapat keringan dengan pembayaran pokok + 5 bulan bunga tp saya kok ndak bs....krn tidak puas akhirnya saya ketemu dengan kepala cabang nya... betapa kagetnya saya yg saya dapati malah emosi serta arogansi manuasia yg sedang menikmati jabatan empuk...si bos tersebut berkata "potong leher saya..dan siap dicopot dr jabatan "(mulutmu harimaumu) apabila ada yg memberikan potongan seperti pada teman saya. saya balik ber tanya pada si bos bagaimana jika saya minta surat prmohonan rekomendasi keringanan dr bos saya?..dengan sombongnya dia berkata" saya akan menghadap ke BUPATI dan saya akan katakan bagaimana kerja anak buahmu ini sangat memalukan" dan katanya lagi " Bupatimu itu dapat PAD nya dr kami.Krn mendapat jawaban yg tidak memuaskan akhirnya saya pulang dengan rasa kesal.... mohon pencerahan dr Bapak. email :tiger_tampu@yahoo.co.id

DIMAS SETO said...

Pak saya mau tanya.,saya melakukan pelunasan,tanya ma pihak bang yg hrs di byr 22jt tanpa sepengetahuan phk penyalur.,tp stlh phk pnylur tau mjdi 26jt,stlh mlkukan plunasn ke bank dr yg 22jt berubah mjd 26jt.,jd mn yg bnr tu pak....???

rose badmus said...

Hello,
Ini adalah untuk memaklumkan kepada orang awam yang Puan Laura Jacobs, pemberi pinjaman swasta telah membuka peluang kewangan untuk semua orang yang memerlukan apa-apa bantuan kewangan. Kami memberi pinjaman pada kadar faedah 2% kepada individu, firma-firma dan syarikat-syarikat di bawah terma dan syarat yang jelas dan mudah difahami. hubungi hari ini kami melalui e-mel di: winnersloancompany@gmail.com

Anonymous said...

PAK, SAYA MASIH PUNYA KREDIT DI BANK A, LALU AKANMENGAJUKAN KREDIT BARU DI BANK YG SAMA TP DI KOTA YANG BERBEDA, BAGAIMANA PROSESNY?

Anonymous said...

saya punya kridit dibri, sisanya 27 juta lagi. waktu saya ingin lunasi saya diminta bayar sebesar 33 juta bagaimana ini

Anonymous said...

pak, saya mau tanya. ibu saya dulu pernah hutang k bank BTPN sebesar 100juta. jangka waktu pinjaman 10 tahun, baru 2 tahun tapi ibu saya mau melunasinya. setelah kemarin tanya k Bank nya ternyata kalau mau pelunasan dipercepat jumlah yg masih harus dibayar sebesar 113juta, bsrta penalty 10%. Padahal tiap bulan setorannya tiap bulan 2.411.000. kok bisa besar bgt ya.. mohon petunjuknya :) terima kasih

BB arc said...

Tkb untuk sharingnya pak. Sekalian berbagi pengalaman saya. Saya pinjam dibank danamon syariah, 50jt untuk 5th. Sudah jalan 8 bulan cicilan 2jt/bulan. Saya sekarang proses pelunasan. Total pelunasan yang harus saya bayar tepatnya 56juta termasuk penalties 2x cicil. Inilah kekonyolan ala bank danamon syariah.