Pages

Monday, March 17, 2008

Gadai di bank, adakah?

Siapa yang pernah menggadaikan barang? Ayo ngaku… hihihi… kalau saya sih belum pernah. Beberapa teman (dahulu kala) kadang datang ke tempat saya untuk meminjam uang, biasanya mereka menawarkan barangnya untuk disekolahkan ditempat kos saya. Namun karena saya cukup baik hati dan percaya biasanya ya mereka saya pinjamin tanpa jaminan . Ada juga beberapa teman yang setia dengan kantor Perum Pegadaian bila kondisi financial mereka memperoleh gangguan. Tidak jarang televisi, sepeda motor, perhiasan, komputer, mesin tik atau emas mereka titipkan ke tempat tersebut. Prosedurnya tidak rumit dan cukup cepat, tidak berbelit-belit seperti prosedur bank yang mensyaratkan bankable compliant.
.
Nah, sekarang ada juga lho produk gadai di bank. Mungkin sebagian rekan pembaca sudah tahu, namun tidak semua juga tahu akan adanya produk gadai ini ada dibank. Apalagi produk gadai ini hanya ada di bank syariah saja, tapi jangan salah paham bank syariah tidak hanya untuk orang islam saja namun untuk semuanya.
.
Bagi yang sering datang ke pegadaian, sekarang bisa mengarahkan langkahnya ke bank. Setidaknya menghapus, image tukang gadai .. hihihihi kan kalau datang ke bank lebih keren kan? Gadai syariah (rahn) nama produknya kalau rekan-rekan ingin menggunakan produk ini.
Sepengetahuan saya, yang sudah menjalankan transaksi gadai ini ada di beberapa cabang Bank Syariah Mandiri (belum semua cabang) dan beberapa cabang Bank Muamalat Indonesia (belum semua juga).
.
Lantas bagaimana gadai dibank itu? Untuk saat ini yang baru bisa dilayani adalah gadai emas dan perhiasan (CMIIW), sedangkan untuk produk otomotif dan elektronik mungkin belum. Sistemnya juga berbeda dengan sistem yang sudah akrab dengan kita, bila kita ke pegadaian biasanya kita diberikan pinjaman dengan jangka waktu sekian bulan plus tambahan bunga.
.
Untuk gadai dibank syariah tidak memakai sistem seperti diatas. Sistem akad yang diterapkan oleh Bank Syariah adalah akad gadai, dimana nasabah memperoleh dana pinjaman sebesar penilaian bank (biasanya 90%). Berhubung barang yang disimpan Bank perlu biaya maintenance, maka anda diminta untuk membayar biaya administrasi dan biaya upah (ujrah) merawat barang anda yang anda sekolahkan itu. Simplenya seperti itu, jelasnya dan detilnya datang saja ke bank syariah terdekat dikota anda.
.
Nah solusi akses modal banyak variannya, untuk itu silahkan dicoba…
.
Salam hangat dan selalu sukses!

No comments: