Pages

Sunday, February 25, 2007

Kredit di Bank

Istilah kredit memang sering kita dengar dalam keseharian kita. Mau beli rumah pake kredit, beli motor pake kredit, untuk usaha juga pake kredit. Anehnya dengan kata tersebut yang kelihatannya sangat popular, ternyata tidak semua orang tahu bagaimana cara mendapatkannya. Dan lucunya, ada sebagian orang yang menganggap bahwa bank hanya tempat untuk menabung dan mengirim uang saja.
Pernah suatu hari saya bertemu teman kuliah, kami ngobrol apa saja dari anak sudah berapa, tinggalnya dimana, dan lain-lain (maklum ada sekitar 6 tahun kami tidak bertemu) selanjutnya obrolan merembet tentang apa usaha kita masing-masing. Teman saya tersebut mengeluh tentang usahanya bahwa saat ini sedang membutuhkan suntikan modal untuk ekspansi usaha. Lalu saya menanyakan mengapa tidak mengajukan permohonan penambahan modal ke Bank saja? Dia menjawab, katanya susah kalau mengajukan penambahan modal ke bank. Saya balik bertanya kenapa susah? kan usaha cukup prospek dan kemampuan untuk bayar juga ada, tentunya ini juga peluang bisnis buat bank. Tidak ada orang dalam, sambungnya. Tidak ada orang dalam pikir saya? Ternyata jawaban teman saya tersebut berdasarkan pengalaman orang tuanya yang juga menekuni bisnis ketika berhubungan dengan bank, ada semacam perantara yang menghubungkannya ke bank. Jawaban teman saya ini ternyata sering juga saya temukan dibeberapa kalangan bahwa apapun urusannya, dilembaga manapun apabila ingin lancar berhubungan harus selalu ada koneksi.
Secara umum memang benar bahwa di Indonesia, pelayanan publik sangat rendah sekali. Praktek perkoncoan, praktek melayani bagi yang mampu memberikan keuntungan diri sendiri, praktek pemberian ucapan terima kasih adalah sesuatu yang sudah jamak di Indonesia terutama dijalur birokrasi. Tapi itu dulu, sehubungan dengan kritis dan majunya pemikiran orang hal tersebut perlahan-lahan sudah memulai memudar. Hal ini pun sudah saya rasakan ketika saya mengurus permohonan pembuatan surat keterangan di kantor kepolisian, tidak ada lagi pungutan biaya dan kami juga diperlakukan sebagaimana layaknya seorang tamu dan juga sahabat.

Kembali keatas mengenai apabila kita ingin berhubungan dengan bank harus menggunakan koneksi, saya kira saat ini hal seperti itu sudah tidak berlaku lagi. Bagaimana mungkin mereka hanya akan melayani nasabah yang punya koneksi sedangkan persaingan antar bank semakin ketat. Sayangnya hal ini tidak banyak masyarakat yang mengetahui, pikir mereka bahwa bank adalah lembaga bertele-tele berkaitan dengan administrasi.

Seandainya masyarakat tahu bahwa bank mempunyai kewajiban sebagai berikut :
  • Bank mempunyai target tahunan dalam pemberian kredit maupun pengumpulan dana simpanan. Artinya setiap lini operasional insan perbankan mempunyai kewajiban untuk memberikan kredit kemasyarakat setiap tahun sesuai dengan targetnya. Jadi bila tidak mencapai target, konduite karyawan atau pimpinan cabang atau kepala divisi atau juga direktur juga jadi menurun atau malah bisa digeser.
  • Bank mempunyai target laba yang harus dicapai setiap tahunnya. Jadi bagaimana mungkin tidak melempar kredit, apabila laba yang diperoleh berasal dari pelemparan kredit ke masyarakat? Lalu dengan apa mereka nantinya membiayai biaya operasional, gaji, promosi dan memberikan dividen kepada pemegang saham apabila tidak ada pelemparan kredit?
  • Persaingan bank sangat ketat. Saat ini bank berlomba-lomba membujuk nasabah untuk menabung dibanknya. Lalu bagaimana mereka akan membayar bunga untuk penabung jika tidak ada kredit yang diberikan ke masyarakat. Ingat, usaha bank di Indonesia saat ini adalah memutar dana penabung untuk dilempar dalam bentuk kredit kepada masyarakat.
  • UMKM menjadi perhatian setiap bank, dan berpotensi menjadi nasabah prospektif. Layaknya gadis cantik, UMKM dimana-mana setiap pihak pada membicarakan. Untuk menjembatani hal tersebut pemerintah saat ini memaksa pihak perbankan agar tidak menganaktirikan sektor UMKM. Porsi UMKM dalam business plan mereka harus ditingkatkan, yang artinya porsi kredit untuk masyarakat juga harus banyak dikucurkan.
Nah setelah melihat alasan diatas (sebenarnya masih banyak alasan), masih adakah pertanyaan : Bagaimana cara mengajukan kredit diBank?

Ayo kita ramai-ramai datang ke Bank!!!

8 comments:

Anonymous said...

Hello just wanted to give you a quick heads up and let you
know a few of the images aren't loading correctly. I'm not
sure why but I think its a linking issue. I've tried it in two different browsers and both show the same results.

Feel free to visit my page: guitar lesson videos for beginners

Anonymous said...

I like what you guys tend to be up too. Such clever work and reporting!
Keep up the great works guys I've included you guys to my blogroll.

Also visit my site ... how belly dancing people

Anonymous said...

Hi would you mind letting me know which webhost you're utilizing? I've
loaded your blog in 3 different browsers and I must say this blog loads a lot faster then most.
Can you recommend a good web hosting provider at a fair price?
Thanks a lot, I appreciate it!

Also visit my page; permanent Tattoo removal

Anonymous said...

Heya i'm for the primary time here. I came across this board and I find It really helpful & it helped me out a lot. I am hoping to give something again and aid others such as you aided me.

my blog ... how To paleo Nick

Anonymous said...

My coder is trying to convince me to move to .net from PHP.
I have always disliked the idea because of the expenses.
But he's tryiong none the less. I've been using WordPress
on numerous websites for about a year and am anxious about switching to another
platform. I have heard very good things about blogengine.
net. Is there a way I can transfer all my wordpress content into it?
Any kind of help would be greatly appreciated!

my webpage Vocal Training Online

Anonymous said...

What's up, just wanted to say, I enjoyed this blog post. It was helpful. Keep on posting!

Look into my web site - Violin Tutor

Anonymous said...

Aw, this was a really nice post. Taking the time and actual effort to produce a very good article… but what can I say…
I procrastinate a lot and don't manage to get nearly anything done.

my site - Songs To Play On The Uke

Anonymous said...

What a material of un-ambiguity and preserveness of valuable knowledge
on the topic of unpredicted feelings.

Feel free to visit my homepage we buy houses blue anchor nj